Sikap Politik Pemerintah Desa Jatimukti Dalam Mendukung Pengembangan Kewirausahaan Desa

Yusa Djuyandi

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya sebuah pemerintah desa dalam melakukan dukungan terhadap pengembangan kewirausahaan yang ada di desa. Desa Jatimukti merupakan desa yang sebenarnya memiliki potensi yang cukup besar dalam pengembangan kewirausahaan. Pemerintah desa sebagai pemegang kekuasaan paling dekat sudah semestinya mengambil sikap politik dengan tujuan untuk memajukan desanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sikap politik Pemerintah Desa Jatimukti dalam mendukung pengembangan kewirausahaan desa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik pengamatan (observasi), wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap politik yang diambil Pemerintah Desa Jatimukti dalam mengembangkan potensi kewirausahaan masyarakatnya sampai saat ini masih sangat kurang. Hal ini disebabkab adanya perombakan besar-besaran dalam struktur desa yang mengakibatkan belum terlaksananya sistem pemerintah desa dan paradigma masyarakat desa yang sulit untuk diubah.


Keywords


Sikap politik; Kewirausahaan; Pemerintahan Desa Jatimukti.

Full Text:

PDF

References


Agustiyani. (2014). Pengaruh Pembelajaran Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Berwirausaha (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Ekonomi Islam Angkatan Tahun 2011 UIN Walisongo Semarang). Thesis S1, UIN Walisongo.

Alma, B. (2004). Kewirausahaan. Bandung: CV Alfabeta.

Azwar, S. (2012). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Liberty.

Budiardjo, M. (2008). Dasar-Dasar Ilmu Politik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Cholisin, & Nasiwan. (2012). Dasar-Dasar Politik Ilmu Politik. Yogyakarta: Ombak.

Diva, G. (2009). Mengembangkan UKM Melalui Pemberdayaan Peran Pemerintah Daerah Jakarta. Jakarta: Bakrie School of Management.

Hasan, M., & Azis, M. (2018). Pembangunan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat (Strategi Pembangunan Manusia dalam Perspektif Ekonomi Lokal). Makassar: CV Nur Lina.

Hendro. (2011). Dasar-dasar Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga.

Raz, A. F., Indra, T. P., Artikasih, D. K., & Citra, S. (2012). Krisis Keuangan Global dan Pertumbuhan Ekonomi: Analisa dari Perekonomian Asia Timur. Bulletin of Monetary Economics and Banking, 15 (2), hal. 1-20.

Saiman, L. (2009). Kewirausahaan Teori, Praktek dan Kasus-kasus. Jakarta: Salemba Empat.

Sarwono, S. W., & Merinarno, E. A. (2009). Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Sastroatmodjo, S. (1995). Partisipasi Politik. Semarang: IKIP Semarang Press.

Sugiyono. (2008). Metode Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Surbakti, R. (1992). Memahami Ilmu Politik. Jakarta: PT Grasindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.21776/ub.transformative.2020.006.01.2

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.