Efektivitas Website Sebagai Media Informasi Dalam Konteks Relasi Government To Citizens di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Magelang

Kunto Megantoro, Joko Tri Nugraha, Fadlurahman Fadlurahman

Abstract


Negara berkembang seperti Indonesia, rendahnya mutu pelayanan publik masih menjadi masalah terbesar. memunculkan E-Government salah satu tujuan E-Government adalah agar lembaga pemerintah mampu menyediakan pelayanan publik yang efektif, efisien dan cepat, khususnya dalam hal ini adalah website, dimana website DPMPTSP Kota Magelang diharapkan dapat menjadi informasi sebagai sarana interaksi antara pemerintah dengan masyarakat maupun mempermudah layanan elektronik.   salah satu yang sudah menerapkannya adalah DPMPTSP Kota Magelang. Penelitian dengan judul “Efektivitas Website Sebagai Media Informasi Dalam  Konteks Relasi Government To Citizens  Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Magelang” merupakan sebuah studi dimana dalam penelitian ini diharapkan dapat mengetahui seberapa efektif website DPMPTSP Kota Magelang Sebagai Media Informasi Dalam  Konteks Relasi Government To Citizens. Dalam penelitian ini ukuran Efektivitas meliputi peran Website, peran pemerintah, tujuan, jangkauan, content, interaksi, faktor pendukung dan faktor penghambat.


Keywords


E-Government, Website, Efektivitas, Pelayanan Publik

Full Text:

PDF

References


Aprilia, S. N. Wijaya, A.F. Suryadi. (2014). Efektivitas Website Sebagai Media E-Government dalam Meningkatkan Pela-yanan Elektronik Pemerintah Daerah (Studi Pada Website Pemerintah Daerah Kabupat-en Jombang), Wacana– Vol. 17, No. 2, ISSN : 1411-0199 E-ISSN : 2338-1884 .

Indrajit, R. E. (2002). Membangun aplikasi E-Government. Jakarta: PT alex media komputindo.

Masyhur, F. (2014). Kinerja Website Resmi Pemerintah Provinsi di Indonesia. Jurnal Pekomnas No. 17 Vol. 1, 9-14

Mulyawan, R. Mariana,D. Profesionalisme Aparat Dan Kapasitas Kelembagaan Dalam Pelayanan Publik Di Provinsi Jawa Barat. Jurnal Ilmu Pemerintahan ISSN 2442-5958 E-ISSN 2540-8674.

Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 ten-tang Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE).

Sugiyono (2005). Metode Penelitian Admin-istrasi. Bandung: Alfabet

Sugiyono (2011). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono (2009). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Zulian, Yamit. (2003). Manajemen Produks dan Operasi. Edisi 2. Yogyakarta: Ekoni-sia.




DOI: http://dx.doi.org/10.21776/ub.transformative.2019.005.02.5

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.