Keterwakilan Kelompok Disabilitas Sebagai Perjuangan Politik Identitas Dalam Pemilu 2019

Adelia Fitri

Abstract


Penelitian ini membahas tentang keterwakilan kelompok disabilitas dalam pemilu legislative 2019 sebagai sebuah perjuangan identitas. Majunya Anggiasari Puji Aryati sebagai calon legislative di Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Dearah Pilihan Yogyakarta, merupakan hal menarik, pertama karena merupakan bagian dari perjuangan dengan isu yang menarik yaitu disabilitas dan sekaligus sebagai penyandang disabilitas dengan tuntutan inkulusifitas, penelitian ini menekankan pada proses kandidasi Anggiasarai Puji Aryati sebagai perjuangan politik identitas. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriktif. Dengan lokasi penelitian Daerah Istimewa Yogyakarta, penelitian dilakukan selama beberapa bulan dengan mengikuti beragam aktifitas Anggiasari Puji Aryati. Tekhnik pengumpluan data dilkuakan dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Sementara teori yang dugunakan adalah teori yang berhubungan dengan perfektif keterwakilan, disabilitas dan politik identitas. Hasil penelitian menunjukkan beberapa hambatan Anggiasari dalam proses pencalonannya sebagai Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, dan bagaimana partai melihat peluang isu disabilitas dalam pemilu 2019. 


Keywords


Keterwakilan disabilitas; pemilu; politik Identitas

Full Text:

PDF

References


Astuti Sri.(2014). kebangkitan etnis menuju politik identitas. Jakarta: Yayasan Obor

Fukuyama Francis.(2018). Identity the demand for dignity and the politics of resentment. New York Times

Rozaki dkk.(2014). Dari representasi simbolik menuju representasi substantive potret representasi konstituensi dan komunikasi politik anggota dewan perwakilan daerah. Yogyakarta : IRE

Muhtadi, B. (2019). Populisme, Politik Identitas, dan Dinamika Elektoral: Mengurai Jalan Panjang Demokrasi Prosedural. Malang: Intrans Publishing.

Mujani, S., Liddle, R., & Ambardi, K. (2008). Kuasa Rakyat. Bandung: Mizan Publika.

Anggiasari. (2019, Maret). Wawancara Calon Legislatif Difabel. (Riska Melinda, Interviewers)

Hanif, & Made. (2019, April ). Wawancara Timses. (D. Jannah, & F. Nofiana, Interviewers)

KPU Yogyakarta “Data calon anggota legislatif disabilitas tahun 2019 “




DOI: http://dx.doi.org/10.21776/ub.transformative.2019.005.02.3

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.