Jurnal Transformative
Full Lenght Article
Layanan Pojok Braile Dalam Meningkatkan Literasi Baca Bagi Disabilitas Netra Di Kota Malang
Abstract
AbstrakLayanan pojok braille di Kota Malang disebabkan karena, belum adanya perpustakaan umum yang memberikan pelayanan ramah disabilitas netra pada 39 perpustakaan umum Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Minimnya jumlah variasi buku Braille. Belum tersedianya layanan perpustakaan bagi disabilitas netra yang berbasis teknologi. Belum adanya layanan perpustakaan inklusi guna menumbuhkan rasa percaya diri bagi disabilitas netra. Perpustakaan Kota Malang membuat suatu layanan baru yaitu Layanan Pojok Braille. Kajian ini menganalisis tentang pelaksanaan inovasi yang hadir untuk memenuhi kebutuhan disabilitas netra dalam bidang literasi. Teori yang digunakan adalah Karakteristik Inovasi Everett M. Rogers. Serta menganalisis faktor pendukung dan penghambat. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan metode pengambilan data wawancara, observasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan inovasi Lapobra pertama, relative advantage pioner dan inovator dalam penyediaan layanan perpustakaan umum bagi disabilitas netra. Kedua, compatibility belum sesuai dengan kebutuhan disabilitas netra jaman sekarang yang sudah available menggunakan gadget dan teknologi. Ketiga, complexity tata kelola rumit yaitu belum ada nomor referensi buku, tidak dilengkapi panduan how to use, dan belum ada tanda dominan disepanjang jalur masuk. Keempat, trialability tidak pernah melakukan uji coba dan kurang sosialisasi. Proses sosialisasi dengan cara menghubungi SLB, Panti Rehabilitasi, Yayasan, dan paguyuban disabilitas netra. Kelima, observability inovatif hanya dari segi penyediaan dan perintisan layanan. Jika ditinjau dari keberlanjutan inovasinya masih kurang. Inovasi dalam Layanan Pojok Braille dikaji menggunakan 5 Karakteristik Inovasi Menurut Everett M. Rogers maka hasilnya belum bisa memenuhi indikator compatibility dan trialability. Faktor yang menghambat yaitu budaya risk aversion, ketergantungan berlebihan pada high performer, rencana anggaran jangka panjang, hambatan administratif. Faktor yang mendukung yaitu sistem pelayanan, kapasitas kelembagaan, kehadiran dan kesinambungan sumber daya. Kata Kunci: Inovasi, Layanan Pojok Braille, dan Disabilitas Netra
Declarations
Publisher's Note
Faculty of Social and Political Science Universitas Brawijaya remains neutral with regard to jurisdictional claims in published maps and institutional affiliations.
References
Gunawan, Imam (2014) Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara. Hlm.209
Hanafi, Abdillah (1986) Memasyarakatkan Ide-Ide Baru. Cetakan Ke-3. Surabaya: Usaha Nasional.
Lembaga Administrasi Negara (2009) Standar Pelayanan Publik: Langkah-Langkah Penyusunan. Jakarta: Pusat Kajian Manajemen Pelayanan LAN. Edisi Revisi. Jakarta: Pusat Kajian Manajemen Pelayanan LAN.
Lembaga Administrasi Negara (2010) Manajemen Pelayanan Inklusif: Sebuah Gambaran Singkat dan Langkah Pengukuran. Cetakan Pertama. Jakarta: Pusat Kajian Manajemen Pelayanan LAN.
.
Muhammad, IdruS (2009) Metode Penelitian Ilmu Sosial:Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: Erlangga..
Rogers, Everett M (1983) Difussion of Innovation. New York: The Free Press.
Sugiyono (2009) Metode Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sutarno (2008) 1 Abad Kebangkitan Nasional & Kebangkitan Perpustakaan. Cetakan Pertama. Jakarta: Sagung Seto.
Suwarno, Yogi (2008) Inovasi di Sektor Publik. Jakarta: STIA-LAN Press.
Bibliographic Information
-
Submitted
30 April 2019 -
Revised
15 September 2019 -
Accepted
Not available -
Published
7 May 2019