Jurnal Transformative
Full Lenght Article
Atribut Inovasi Program Besuk Kiamat Kota Surakarta
Abstract
Penelitian ini tentang atribut inovasi program Besuk Kiamat di Kota Surakarta. Penelitian ini dilatarbelaking oleh rendahnya kesadaran masyarakat di Kota Surakarta terkait kepemilikan akta kematian. Tujuan penelitian ini untuk memaparkan tentang atribut inovasi program Besuk Kiamat di Kota Surakarta menggunakan data sekunder dari berbagai literatur. Melalui metode desk research, studi ini memanfaatkan data sekunder sebagai sumber literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya inovasi program Besuk Kiamat mempermudah masyarakat untuk memperoleh akta kematian dan efisien dalam waktu, tenaga serta biaya.
Keywords
Declarations
Publisher's Note
Faculty of Social and Political Science Universitas Brawijaya remains neutral with regard to jurisdictional claims in published maps and institutional affiliations.
References
Angkat, Koko Mulyanto, dkk. (2018). Analisis Pelayanan Administrasi Kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Dairi. Jurnal Administrasi Publik, (7), (1), 34. Retrieved from http://ojs.uma.ac.id/index.php/jap.
Antara. (2018). Pungli Dalam Pembuatan E- KTP, 2 Pegawai Disdukcapil Jadi Tersangka. Retrieved February 12, 2019 from https://news.okezone.com/read/2018/11/20/525/1980207/pungli-pembuatan-e-ktp-2-pegawai-disdukcapil-jadi-tersangka .
BeritaMadiun. (2015). Malas Urus Data Adminduk di Dispendukcapil, Warga Pilih Titip Ke Calo. Retrieved February 13, 2019 fromhttp://surabaya.tribunnews.com/2015/06/12/malas-urus-data-adminduk-di-dispendukcapil-warga-pilih-titip-ke-calo.
BPS. 2015. Surakarta Dalam Angka 2015. Retrieved February 16, 2019 from https://surakartakota.bps.go.id/publication/2015.
Cahyono, Sofyan. (2017). Program Besuk Kiamat dan Bapak On Raih Penghargaan. Retrieved February 15, 2019 from https://www.jawapos.com/jpg-today/16/12/2017/program-besuk-kiamat-dan-bapak-on-raih-penghargaan.
David Alburry Geoff Mulgan. (2003). Innovation in The Public Sector. Landon : The Mall
Fida Ul Haq, Muhammad. (2016). Ombudsman Temukan Pungli di Pembuatan e- KTP di 12 Provinsi. Retrieved February 14, 2019 from https://news.detik.com/berita/d-3339165/ombudsman-temukan-pungli-di-pembuatan-e-ktp-di-12-provinsi.
Jamaluddin dan Irma Suryani. (2016). Pelayanan Administrasi Kependudukan Pada Kantor Kecamatan Pattallssang Kabupaten Gowa. Jurnal Office, Jurnal Pemikiran Ilmiah dan Administrasi Perkantoran, (2), (2), 134. Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/jo/article/view/2918.
J Watson, Douglas. (1997). Innovative Governments: Creative Approaches to Local Problems. New York : Greenwood Publishing Group.
Kurnia Putri, Eko dkk. (2018). Inovasi Pelayanan Akta Kelahiran Melalui E- Government di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Yogyakarta. JURNAL NATAPRAJA Kajian Ilmu Administrasi Negara, (6), (1), 272. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/natapraja/article/view/20740.
Marselli, Aldila dkk. (2016). Upaya Penataan dan Penertiban dalam Penerbitan Dokumen Kependudukan di Kabupaten Kendal menurut Undang- Undang Noor 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan. DIPONEGORO LAW JURNAL, (5), (3), 1. Retrieved from http://www.ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dlr/.
Muluk. Khairul, (2008). Knowledge Management Kunci Sukses Inovasi Pemerintahan Daerah. Malang : Bayu Media Publishing.
Noor, Irwan. (2013). Desain Inovasi Pemerintahan Daerah. Malang : UB Press.
Ombudsman RI. (2017). Laporan Tahunan 2017. Retrieved February 10, 2019 from http://ombudsman.go.id/produk.
Pravijanti, Vania dan Eva Hany Fanida. (2018). Analisis Keberhasilan Inovasi Pelayanan PAKET HEMAT 1 (Penerbitan Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya. Publika, (6), (4), 1. Retrieved from http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/publika/issue/current.
Rahmawati, Erin dan Retno Suryawati. (2017). Inovasi Pelayanan Akta Kelahiran Anak oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) di Kota Surakarta. Jurnal Wacana Publik, (1), (3), 24. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/wacana-publik/article/view/18002.
Rogers. Everett M. (2003). Diffusion of Innovations 5 th edition. New York : Free Press.
Said, M. Mas’ud. (2007). Birokrasi di Negara Birokratis. Malang : UMM Press.
Suwarno. Yogi, (2010). Inovasi Sektor Publik. Jakarta : STIA LAN Press.
Warsito, Herfina Tedjo. (2016). Implementasi Program E- Kios sebagai Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Informasi di Kelurahan Kebraon Kota Surabaya. Kebijakan dan Manajemen Publik, (4), (2), 8. Retrieved from http://journal.unair.ac.id/KMP@kebijakan-dan-manajemen-publik.
Widya Lestari, Erma. (2015). Partisipasi Masyarakat Dalam Administrasi Kependudukan (Kajian pada Pengurusan Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya). Publika, (3), (6), 3. Retrieved from http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index/php/publika/article/view/12097.
Yani, Indri. (2017). Warga Menguluh Urus Berkas di Dusdukcapil Terasa Berbelit- belit. Retrieved February 11, 2019 from http://www.riauonline.co.id/riau/kota-pekanbaru/read/2017/10/12/warga-mengeluh-urus-berkas-di-disdukcapil-terasa-berbelit-belit.
.
Bibliographic Information
-
Submitted
4 March 2019 -
Revised
8 May 2019 -
Accepted
Not available -
Published
7 May 2019