Jurnal Transformative
Full Lenght Article
Implementasi Konsep Agile Governance dalam Penanganan Krisis Ekonomi Pasca Pandemi COVID-19 di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
Abstract
Pandemi COVID-19 telah berdampak besar pada berbagai aspek kehidupan masyarakat Indonesia. Pengaruh ini berdampak pada berbagai sektor seperti sosial, pendidikan, pariwisata, dan juga perekonomian yang mengalami penurunan drastis. Penurunan ekonomi ini tidak hanya terjadi dalam skala nasional, tetapi juga di daerah termasuk provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Oleh karena itu, Pemerintah DIY telah melakukan berbagai kebijakan dan upaya untuk mengurangi dampak penyebaran Covid-19 dan berkolaborasi dengan berbagai pihak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penanganan krisis ekonomi pasca pandemi COVID-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta dengan menggunakan konsep agile governance. Terdapat 6 (enam) prinsip agile governance yaitu good enough governance, business driven, human focused, based on quick wins, systematic and adaptive approach, dan simple design and continuous refinement. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil dalam penelitian ini adalah Pemerintah DIY telah agile, precise, responsive, dan agile dalam menangani krisis ekonomi pasca pandemi Covid-19. Hal ini dibuktikan dengan enam prinsip agile governance yang sangat terpenuhi dengan baik, terbukti dnegan adanya partisipasi masyarakat, transparasi informasi, dan visi yang jelas dari Pemerintah DIY dalam krisis ekonomi pasca pandemi COVID-19. Selain itu juga terdapat program pemberian bantuan insentif kepada para pelaku UMKM dan adanya monitoring dan evaluasi terhadap program sehingga dapat berjalan dengan maksimal. Namun, ada catatan di bagian prinsip berdasarkan quick wins, yaitu dengan meningkatkan layanan informasi agar semua masyarakat dapat mengaksesnya dengan mudah.
Keywords
Declarations
Publisher's Note
Faculty of Social and Political Science Universitas Brawijaya remains neutral with regard to jurisdictional claims in published maps and institutional affiliations.
References
Apriliyanti, K. (2021). Narasi Budaya Arek Suroboyo dan Pandemi Covid-19 Sebuah Perspektif Agile Governance di Kota Surabaya. Jurnal Transformative, 7.
BPK RI. (2021, January 18). Dampak Dari Pandemi COVID-19, Perekonomian di DIY Alami Kontraksi 6,74 %. Yogyakarta.Bpk.Go.Id. https://yogyakarta.bpk.go.id/dampak-dari-pandemi-covid-19/
BPS Yogyakarta. (2021, April 28 ). Analisis Pertumbuhan dan Perubahan Struktur Perekonomian Daerah Istimewa Yogyakarta sebelum dan Selama Masa Pandemi Covid-19: Pendekatan 54 Kategori dan Sub Kategori Usaha. Yogyakarta.Bps.Go.Id. https://yogyakarta.bps.go.id/publication/2021/04/28/814d6f552338d3ef9649bb30/analisis-pertumbuhan-dan-perubahan-struktur-perekonomian-daerah-istimewa-yogyakarta-sebelum-dan-selama-masa-pandemi-covid-19-pendekatan-54-kategori-dan-sub-kategori-usaha.html
Danar Ilham Kurniawan, Akbar Maulana, I. W. (2020). Agile Governance Sebagai Bentuk Transformasi Inovasi Pemerintah Daerah. Jurnal Universitas Jember.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.
Firhansyah, M. (2021, February 15). Agile Governance dalam Perspektif Pelayanan Publik. Ombudsman.Go.Id. https://ombudsman.go.id/artikel--agile-governance-dalam-perspektif-pelayanan-publik-propartif
Hakim. (2020, May 31). Update: Sebaran 700 Kasus Baru Covid-19 pada 31 Mei. Kompas.Com. https://nasional.kompas.com/read/2020/05/31/16302061/update-sebaran-700-kasus-baru-covid-19-pada-31-mei
Halim, F. R., Astuti, F., & Umam, K. (2021). Implementasi Prinsip Agile Governance Melalui Aplikasi PIKOBAR di Provinsi Jawa Barat. Kolaborasi: Jurnal Administrasi Publik, 7(1), 48–67.
Helen. (2023, January 23). Yogyakarta jadi Provinsi Termiskin tapi Penduduknya Hidup Bahagia. Pramborsfm.Com. https://www.pramborsfm.com/amp/news/yogyakarta-jadi-provinsi-termiskin-tapi-penduduknya-hidup-bahagia
Humas DIY. (2022, July 26). Pembangunan Infrastruktur diharapkan Bantu Pertumbuhan Ekonomi DIY. Jogjaprov.Go.Id. https://jogjaprov.go.id/berita/pembangunan-infrastruktur-diharapkan-bantu-pertumbuhan-ekonomi-diy
Humas Provinsi Jogja. (2021, April 07). Sinergi Dan Inovasi Untuk Pemulihan Ekonomi DIY. Jogjaprov.Go.Id. https://jogjaprov.go.id/berita/sinergi-dan-inovasi-untuk-pemulihan-ekonomi-diy
Jafar, M. (2022). Adaptive, Agile atau Robust Governance untuk Menjaga Ketahanan Daerah dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 Studi Dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah di Jawa Timur Tahun 2020-2022. Jurnal Transformative, 8.
Kusumawati, W. (2021). Agile Governance Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung dalam Menanggani Covid-19. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences, 2.
Listyadewi. (2020). Peran Sektor Swasta dalam respon terhadap COVID-19: Studi Kasus di Yogyakarta. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia, 9, 218–224.
Nasruddin, R. (2020). Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB ) dan Masyarakat Berpenghasilan Rendah. Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i7.15569
Nugraheny. (2020, April 07). Update per 31 Maret: 1.528 Kasus Covid-19, Masyarakat Diajak Saling Beri Edukasi. Kompas.Com. https://nasional.kompas.com/read/2020/04/01/0629/531/update-per-31-maret-1528-kasus-covid-19-masyarakat-diajak-saling-beri-edukasi
Nurul Siti Ambia Zahra, Nanang Suparman, S. A. (2022). Penerapan Prinsip Agile Governance Dalam Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung. Jurnal Inovasi Penelitian, 3.
Padmaningrum. (2021). Penyederhanaan Birokrasi Melalui Agile Governance Menuju Layanan Prima. Jurnal Ivet Teacherpreneur, 2, 54–64.
Pemda DIY. (2022, June 23). Langkah DIY Turunkan Angka Kemiskinan dan Kesenjangan Antar Wilayah. Jogjaprov.Go.Id. https://jogjaprov.go.id/berita/langkah-diy-turunkan-angka-kemiskinan-dan-kesenjangan-antar-wilayah
Prayudi, M. A. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Pariwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Nusantara (Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Perhotelan), 3, 14–20.
Putra, M. W. P. (2020). PENGARUH COVID-19 TERHADAP KEHIDUPAN EKONOMI DAN SPIRITUAL KEAGAMAAN. Jurnal Sosial Keagamaan, 1, 144–159.
Putri, A. Z. (2022). Pendampingan Peran Digital Marketing dan Pemasaran dalam Upaya Keberlangsungan Hidup pada UMKM yang tergabung dalam SiBakul. Jurnal Dharma Bakti, 5, 235–246.
Ridyadhotul, R. (2021). Evaluasi Pelaksanaan Program SiBakul Markethub Free Ongkos Kirim (Studi pada Dubas Koperasi dan UKM DIY). Universitas Gadjah Madha.
Rusqiyati, E. A. (2022, August 22). BPD DIY menyalurkan dana CSR untuk mendukung penanggulan kemiskinan. Jogja.Antaranews.Com. https://jogja.antaranews.com/amp/berita/572301/bpd-diy-menyalurkan-dana-csr-untuk-dukung-penanggulan-kemiskinan
Sari, P. K. (2016). Identifikasi Penyebab Krisis Moneter dan Kebijakan Bank Sentral di Indonesia: Kasus Krisis Tahun (1997-1998 dan 2008). Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2, 337–338.
Saut Sagala, Arief Rosyidie, Amesta K. Ramadhani, Danang Azhari, Alma N. Annisa, R. N. V. dan M. D. M. (2020). Covid-19 in Indonesia An Analysis of DKI Jakarta’s Covid-19 Pandemic Response and its Goverance During the New Normal Period. Altantis Press, 514.
Utama, A. (2021, May 20). Virus Baru: Coronavirus dan Penyakit SARS. Lipi.Go.Id/. lipi.go.id/berita/virus-baru-:-coronavirus-dan-penyakit-sars/176
Vernanda, R., & Negar, L. A. (2009). Kesiapan Indonesia Menuju Agile Governance Rengga Vernanda Indonesia ’ s Readiness Towards Agile Governance. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi, 1–6.
Vort, M. J. dan H. Van Der. (2020). Agile and Adaptive Governance in Crisis Response Lessons from the COVID-19 Pandemic. International Journal of Information Management.
WHO. (2020, March 11). WHO Director-General’s Opening Remaks at The Media Briefing on COVID-19 - 11 March 2020. Www.Who.Int. https://www.who.int/speeches/detail/who-director-general-s-opening-remarks-at-the-media-briefing-on-covid19---11-march-2020
Zubaidah, T. (2021). KRISIS EKONOMI BANGSA INDONESIA DIMASA PANDEMI COVID-19. : : Jurnal Nasional Indonesia, 1, 103–111.
Copyright and permissions
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Bibliographic Information
-
Submitted
26 May 2023 -
Revised
8 August 2023 -
Accepted
Not available -
Published
29 September 2023