Jurnal Transformative

Volume 1, Issue 2, July 2018, Pages 189-201

Full Lenght Article
Inovasi Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan (Studi Kasus PATEN (Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan) di Kecamatan Dolok, Kabupaten Serdang, Provinsi Sumut

Under a Creative Commons license
Open Access

Abstract

Inovasi dalam pelayanan administrasi kependudukan salah satunya diwujudkan melalui Pelayanan Administarasi Terpadu Kecamatan (PATEN). Tulisan ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat keinovatifan PATEN dan faktor pendukung keberhasilan implementasi PATEN di Kecamatan Dolok Merawan Kabupaten Serdang Bedagai Sumatera Utara. Model analisis mengacu pada model tingkat keinovatifan menurut Jawa Pos Institute Pro Otonomi (JPIP) yakni: kreatif, strategis, berkelanjutan, dan produktif dan untuk melihat faktor keberhasilan menggunakan parameter Turrell dkk yakni: leadership and followership, climate and environment (innovation culture) dan structured idea management process. Metode analisis menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan wawancara sebagai teknik pengumpulan data yang utama.. Selain pengukuran tingkat keinovatifan, keberhasilan PATEN didukung peran pemimpin yang dekat dengan staf dan masyarakat, iklim dan lingkungan masyarakat yang patuh terhadap aturan serta dukungan struktur ide dan proses manajemen seperti adanya persamaan persepsi antara pemimpin dan staf.

Keywords

Inova
Pelayanan publi
PATEN

Declarations

Publisher's Note

Faculty of Social and Political Science Universitas Brawijaya remains neutral with regard to jurisdictional claims in published maps and institutional affiliations.

References

Bahan Sosialisasi Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan di Kecamatan Dolok Merawan Kabupaten Serdang Bedagai disampaikan oleh Camat Dolok Merawan yakni M. Syafransyah P. NST.
Eko Maulana Ali. (2013). Kepemimpinan Integratif Dalam Konteks Good Governance. Jakarta: PT Multicerdas Publishing.
http://indonesia.serdangbedagaikab.go.id/index.php?mod=home&opt=content&jenis=4&mode=3&id_kat_content=31&id_content=486&id_module=7 diakses Selasa 21 April 2015
Irwan Noor. (2010). Inovasi Pemerintahan Daerah Mengapa Gagal. Dalam Jurnal Ilmu Politik No. 21. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Irwan Noor. (2010). Inovasi Pemerintahan Daerah Mengapa Gagal. Dalam Jurnal Ilmu Politik No. 21. Jakarta: Pustaka Pelajar. Hlm
Muhtar Haboddin. (2014). Membaca Terobosan Layanan Pemda dalam Terobosan Layanan Pemerintah Daerah. 2014. Malang: Pusat Studi Inovasi Pemerintahan dan Kerjasama Antar Daerah Prodi Ilmu Pemerintahan FISIP Universitas Brawijaya.
Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 4 Tahun 2010 Tentang Pedoman Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan. Pasal 3
Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 4 Tahun 2010 Tentang Pedoman Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan Pasal 4.
Peter G Northouse.(2013). Kepemimpinan Teori dan Praktik. Jakarta: PT Indeks.
Restu Karlina Rahayu.‟ Inovasi: Perjuangan Mendapatkan Kepercayaan Publik. dalam Masyarakat Bertanya Pemerintah Menjawab. 2014. Malang: Pusat Studi Inovasi Pemerintah dan Kerjasama Antar Daerah Prodi Ilmu Pemerintahan FISIP Universitas Brawijaya.
Sri Rahayu. selaku Kepala Sub Bagian Pemerintahan Umum dan Hubungan Kelembagaan Kabupaten Serdang Bedagai.
Wawan Sobari dkk. (2004). Referensi Baru Otonomi. Surabaya: Jawa Pos Institute of Pro Otonomi (JPIP) & JP Press.
Wawancara dengan Ibu Diah Ananda Selaku Kepala Sub Bagian Data Wilayah Setda Provinsi Sumatera Utara
Wawancara dengan Pai Selaku warga Dolok Merawan
Wawancara Edison Sitorus. selaku Kasubbag Pelayanan Umum Kecamatan Dolok Merawan. Tanggal 09 Maret 2015.
Wawancara Umi Kalsum Purba Selaku Masyarakat Dolok Merawan Kabupaten Serdang Bedagai Provinsi Sumatera Utara.

Bibliographic Information

Verify authenticity via CrossMark
  • Submitted
    17 September 2020
  • Revised
    22 September 2020
  • Accepted
    Not available
  • Published
    18 September 2015