Jurnal Transformative

Volume 1, Issue 2, July 2018, Pages 147-160

Full Lenght Article
Pelayanan Terpadu Malam Hari (PTMH) Sebagai Bentuk Inovasi Pemerintah DKI Jakarta (Studi tentang Pengaruh Pelayanan Terpadu Malam Hari terhadap Kepuasan Masyarakat di Kelurahan Kebon Kacang Jakarta Pusat)

Under a Creative Commons license
Open Access

Abstract

Kajian ini akan mengkaji tentang Pelayanan Terpadu Malam Hari (PTMH). PTMH merupakan bentuk inovasi pemerintah DKI Jakarta. Inovasi ini dilakukan guna memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat. Berhasil tidaknya pelaksanaan PTMH ini salah satunya dapat dilihat dari aspek society yakni dengan melihat kepuasan masyarakat terhadap pelaksanaan Pelayanan Terpadu Malam Hari (PTMH) tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat Kelurahan Kebon Kacang sangat puas terhadap Pelayanan Terpadu Malam Hari (PTMH), dimana keadilan yang merata sangat berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat dalam Pelayanan Terpadu Malam Hari PTMH. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa prinsip-prinsip pelayanan publik sudah tercermin dalam Pelayanan Terpadu Malam Hari (PTMH). Dengan demikian, inovasi pemerintahan daerah diperlukan guna menciptakan kemandirian wilayah, meningkatkan daya saing daerah, peningkatan kesejahteraan masyarakat, terwujudnya good governance, penguatan kelembagaan pemerintah daerah, dan terjaganya kearifan lokal.

Keywords

inovasi
Pelayanan Terpadu Malam Hari
good governance

Declarations

Publisher's Note

Faculty of Social and Political Science Universitas Brawijaya remains neutral with regard to jurisdictional claims in published maps and institutional affiliations.

References

Fredickson, HG. (1997). The Sprit of public administration, San Fransisco :Jossey- Bass Publisher
Hussin, Sufean. (2005). Pentadbiran dalam Pembangunan Pendidikan. Malaya: Zafar Sdn Bhd.
Istianto, Bambang. (2011). Manajemen Pemerintahan dalam Perspektif Pelayanan Publik. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Roth, Gabriel. (1987). The Private Provision o Public Service in Developing Countries, EDI series in Economic Development, Publish for The World Bank: Oxford University Press.
Schedler, Kuno, and Jurg Felix. (2002). Quality in Public Management: the customer Prespective, Institute for Public Service and Tourism. University of St. Gallen: Varnbuelstrasse Public Management Journal
Siregar, Sofian. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Surat Pengumuman Nomor 404/074 tentang Jadwal Pelaksanaan Pelayanan Terpadu Malam Hari (PTMH) untuk kantor PTSP, Satlak PTSP Kecamatan dan Satlak PTSP Kelurahan Kota Administratif Jakarta Pusat Tahun 2015

Bibliographic Information

Verify authenticity via CrossMark
  • Submitted
    17 September 2020
  • Revised
    22 September 2020
  • Accepted
    Not available
  • Published
    18 September 2015