Jurnal Transformative

Volume 1, Issue 2, July 2018, Pages 134-146

Full Lenght Article
Membangun Inovasi Birokrasi Melalui Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK)

Under a Creative Commons license
Open Access

Abstract

Membangun birokrasi yang responsif ditengah krisis kepercayaan publik terhadap pelayanan birokrasi menjadikan tuntutan begitu besar bagi pemerintah untuk terus melakukan inovasi dalam pelayanan publik. Membangun birokrasi dan sistem pelayanan yang begitu rumit dan panjang membuat birokrasi di Indonesia banyak ‘dihindari’. Berbagai inovasi telah dilakukan seperti adanya sistem pelayanan terpadu satu pintu dan sistem pelayanan terpadu satu atap. Meskipun regulasi ini memberikan dampak terhadap pelayanan publik di beberapa daerah. Namun, masih saja menyisahkan berbagai persoalan. Oleh karena itu penggunaan teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pelayanan publik sebaiknya ditingkatkan. Ini disebabkan berbagai lembaga pemerintah atau instansi setengah hati membangun sistem teknologi informasi. Padahal berbagai data memperilihatkan begitu pentingnya untuk penggunaan internet di berbagai daerah khususnya dikota-kota besar seperti DKI Jakarta. Oleh karena, itu akan diuji kembali komitmen dan kosistensi pemerintah dalam membuat keputusan atau kebijakan yang bisa membuat publik akan merasa mudah dalam menggunakan pelayanan publik.

Keywords

Teknologi Informasi
inovasi
birokrasi
responsif
pelayanan publik

Declarations

Publisher's Note

Faculty of Social and Political Science Universitas Brawijaya remains neutral with regard to jurisdictional claims in published maps and institutional affiliations.

References

Coates, B.E. (2001) . Smart Government Online, Not Inline. Jounar of The public manager, Vol. Winter.
Dwiyanto, Agus. (2011). Mengembalikan Kepercayaan Publik Melaluai Reformasi Birokrasi, Jakarta: Gramedia.
Long, M. (2002) . Beyong Traditional Boundaries: Government in the Information Age, Australian Journal of Public Administration
Osborne, David & Geabler Ted. (2005). Mewirausahakan Birokrasi, Jakarta: PPM Press.
Said, M.Mas’ud. (2012). Birokrasi di Negara Birokratis, Malang: UMM Press
Setiyono, Budi. (2000). Birokrasi dalam perspektif politik dan administrasi. Bandung: Nuansa Press .
Toha, Miftah. (1996) . Revitalisasi Birokrasi Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pelayanan Masyarakat, Dalam Demokrasi Indonesia. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada,.
Sumber Internet :
http://www.apjii.or.id/read/content/info-terkini/301/pengguna-internet-indonesia-tahun-2014-sebanyak-88.html Diakses tanggal 9 Agustus 2
http://bp2t.kutaikartanegarakab.go.id/v2/perizinan/daftar Diakses tanggal 1 Agustus 2015BPTSP.http://bptsp.jakarta.go.id/berita-58/bptsp-buka-layanan-online-rtpka-dan-imta.
Kompas. (2014). Diakses pada 10 Agustus 2015, dari http://tekno.kompas.com/read/2014/11/24/07430087/pengguna.internet.indonesia.nomor.enam.dunia
Malang Kota. Daiakses tanggal 7 Agustus 2015, dari htmlhttp://perijinan.malangkota.go.id/webreporting/registeronline.php diakses tanggal 7/8/15
Menpan. Diakses tanggal 1 Agustus 2015, dari http://www.menpan.go.id/berita-terkini/871-sinergikan-teknologi-informasi-untuk-percepat-reformasi-birokrasi
Sindo. Diakses tanggal 3 Agustus 2015, dari http://www.koran-sindo.com/read/968304/149/akses-internet-korsel-tercepat-di-dunia-1424755777

Bibliographic Information

Verify authenticity via CrossMark
  • Submitted
    17 September 2020
  • Revised
    22 September 2020
  • Accepted
    Not available
  • Published
    18 September 2015